Ketika anda
mengetik suatu naskah yang tebal, skripsi misalnya, anda perlu membuat daftar
isi. Bab 1 di halaman berapa, bab 2, dst, termasuk sub-sub judulnya. Anda tak
perlu susah-susah mengetiknya sendiri. MS word menyediakan layanan ini, yang disebut
Table of Contents. Bagaimana caranya? Di sini akan dicoba dipaparkan. Ada dua step.
Pertama tandai teks yang ingin ditampilkan dalam daftar isi. Kedua meng-insert
teks tersebut ke daftar isi dokumen kita. Step 1:
Menandai teks (kata) yang akan ditampilkan dalam daftar isi Setelah
mengetik naskah, mestinya dalam naskah itu terdapat judul bab, sub judul dan
seterusnya. Judul bab, kita asumsikan sebagai heading pertama (first heading,
heading 1). Teks judul
di-blok (di-tandai, di-mark), kemudian ubah style-nya menjadi Heading 1. Dengan cara yang
sama subjudul-subjudul diubah style-nya menjadi Heading 2, Heading 3, dst. Cara mengubah
style. Click Format
menu, pilih Style and Formatting, kemudian pilih heading 1, 2, 3, dst. Step
2: Membuat Table of Contents Letakkan kursor
di mana kamu ingin meletakkan daftar isi. Biasanya sih di halaman pertama (atau
awal), atau akhir. Di
Microsoft Word 2002 and 2003, pilih Insert > Reference >
Index and Tables. Click pada Table of Contents
tab. (atau disebut juga Table of Contents dialog.) Click OK. Di MS Word
versi lawas, Insert > Index and Tables. Click pada Table of Contents tab. Click OK. Tips, Anda dapat
mengubah style untuk heading 1, 2, 3, dst sesuai dengan keinginan. Tidak
terpaku pada defaultnya MS word. Cara-nya, Click Format menu, pilih Style and Formatting. Pada style
Heading 1 misalnya, click kanan kemudian pilih modify. Nah kemudian muncul
menu-menu yang memungkinkan kita mengubah model huruf, besarnya, spasi, dll.
Nama style juga bisa diganti. Selamat mencoba.
|